Senin, 26 Juli 2010

KARYA SENI RUPA NUSANTARA DUA DIMENSI Kelas X

SOAL KESENIAN KELAS XI SEMESTER GENAP 2011

SOAL KESENIAN KELAS X SEMESTER GENAP 2011

Karya seni rupa dua dimensi ( Dwi Matra ) adalah karya seni rupa yang diciptakan pada bidang datar. Jadi karya seni ini hanya dibatasi oleh panjang dan lebar ( punya dua ukuran yaitu panjang dan lebar ). Karya seni rupa dua dimensi Nusantara biasanya berbentuk ragam hias atau ornamen yaitu dibuat untuk mendukung meningkatkan kwalitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Biasanya ragam hias Nusantara banyak ditempatkan pada artefak yaitu benda-benda budaya atau perhiasan atau alat-alat perang yang diturunkan melalui penggalian atau penelitian arkeologi .

Artefak kemudian lebih menunjukan pada hasil atau jejak yang terlihat sebagai kekayaan budaya.




1. Seni hias Aceh umumnya memakai bentuk-bentuk ilmu ukur , tumbuh-tumbuhan atau ruang angkasa ( kosmos ). ragam pilihan berganda terdiri dari susunan huruf S berdasar ilmu ukur. Seni ukir dan seni tenun Aceh banyak menggunakan bentuk tumbuhan.


2. Seni hias batak Toraja biasanya menggunakan singga-singga sebagai ragam hiasnya, hiasan ini dimaksudkan sebagai penolak bala dan penjaga keselamatan pemiliknya. Untuk ragam hias Batak karo menggunakan ragam hias reret ( cicak )

3. Ragam hias Limpapeh
melambangkan kaum ibu yang berbudi luhur sumber moral di tengah masyarakat , ragam hias ini menggunakan bentuk bungayang sedang mekar . Ragam hias biasanya ditempatkan pada rumah rumah adat, batu , pakaian atu logam.


4. Ragam hias Riau biasanya menggunakan ukiran ayam berlaga yang ditempatkan pada anak tangga pintu masuk rumah. Setiap orang yang naik turun rumah, pasti sebagai perlambang bahwa orang Riau tidak suka pada percekcokan dan permusuhan.

5. Hiasan lamabng tiga A dari sepasang gading gajah selalu menghiasi rumah rumah di Jambi . Lambang Tiga A berarti Asih , Asuh dan Asah yang bermaksud saling mengasihi , melindungi dan saling mendidik.

6. Hiasan Bunga Teratai melambangkan keagungan dan kesucian. ini pengaruh dari agama Budha. Adapun hiasan daun bunga teratai bermakna delapan jalur menuju pengakhiran derita di Nirwana, antara lain menjauhkan keduniawian, berani, tekun, dan berperikemanusiaan.

7. Sigar merupakan ragam hias yang melambangkan saling mengasihi dan menghormati. Sigar adalah tudung kepala pengantin wanita Lampung yang berbentuk garuda terbang. Tudung mempunyai sembilan sisi sesuai jumlah warga yang terdapat di Lampung.

8. Bengkulu merupakan penghasil rempa-rempah noor 3 setelah maluku dan lampung. Orang bengkulu percaya bahwa kesaktian untuk menolak malapetaka. Bagian hias Daun si Dingin melambangkan tumbuhan yang dapat menentramkan hati. (kunjungi http://milikindonesia.info/ )

9. Di Kalimantan Barat burung Enggang dianggap keramat karena keistimewaan cara hidupnya. Burung Enggang dijadikan lambang dewa agung yang selalu setia melindungi. Topi perang dari burung enggang diperlukan untuk melindungi diri waktu perang.

10. Agama Kaharingan atau agama kehidupan merupakan kepercayaan asli yang dianut penduduk Kalimantan Tengah pada umumnya. guna meresapi arti kehidupan manusia , maka digunakan dongeng-dongeng suci sehingga tercipta ragam hias pohon hayat ( pohoin kehidupan ).

11. Ragam hias Kalimantan Selatan berbentuk buaya . Hiasan buaya banyak terdapat pada benda-benda keramat seperti tembok, mandau, perisai dan meriam .penduduk memiliki kepercayaan bahwa buaya sebagai pelindung sakti yang mempunyai kekuatan gaib.


12. Pada atap-atap rumah di kalimantan Timur selalu terlihat ragam hias yang bernama Anjing berbadan naga . Ragam hias ini melambangkan perwujudan kendaraan Dewa yang berkelana ke bumi. Dewa akan melimpahkan berkatnya pada para pemilik perhiasan ini.

13. Penutup rumah adat Sulawesi Utara selalu terdapat ragam hias yang disebut Tou yang berarti manusia. Sebagai bentuk perlambang bagi Tona'as yaitu manusia atau orang sakti yang telah menguasai kesempurnaan hidup.

14. Donggala terkenal dengan kerajinan tenunnya. Bahan kainnya terbuat dari benang sutra. Ragam hiasnya berbentuk bungga dan burung dan berdasar ilmu ukur yang khas.

15. Kendari ibu kota Sulawesi Tenggara dikenal dengan kerajinan peraknya yang sangat indah dan halus. Berbagai ragam hias menghiasi hasil kerajinan peraknya yang terdapat antara lain di cerek, tempat gula dan jambangan.

16. Ragam HiasTana Toraja terkenal dengan sebutan Geometris Toraja . Bentuk hiasanya berjumlah 90 macam. ragam hias itu terdapat pada dinding rumah adat sebagai ungkapankata hati pemiliknya. Orang yang lewat dapat membacanya melalui susunan hiasan itu.

17. Maluku terdiri dari kepulauan . penduduk pribuminya adalah nelayan-nelayan yang tangguh. Hidup mereka tak lepas dari atas perahu yang dihiasi secara sempurna. Sayap bidadari adalah ragam hias yang terdapat pada halauan perahunya.













MATERI KESENIAN KELAS X LENGKAP

MATERI KESENIAN KELAS XI LENGKAP

MATERI KESENIAN KELAS XII LENGKAP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar